selamat datang.... di blog aku...

bisnis2

Kamis, 16 Oktober 2008

Buku "ngarsa dalem dundum warisan"



Islam, Kraton, dan Jawa diyakini banyak pihak sebagai “syntum” tata-nilai kebudayaan Indonesia. Salah satu “syntum” tata-nilai yang dianggap “sakral” dalam kebudayaan Kraton Ngayogyakarta adalah sistem pewarisannya. Interaksi Islam dan Kraton-Jawa, sebenarnya bisa dilihat dalam konteks pewarisan ini. Dengan demikian, buku ini masuk pada relung terdalam dialog Islam dan Kraton melalui optik sistem pewarisan. Penulis menunjukkan bahwa sistem pewarisan Kraton Ngayogyakarta manawarkan dialektika yang dinamis, yakni Islam yang “mengadat” dan Kraton yang mengintrodusir nilai kewarisan Islam.
Studi ini secara antropologis menunjukkan bahwa pelaksanaan kewarisan di Kesultanan Yogyakarta secara asasi menganut beberapa asas. Asas-asas itu anatara lain: asas individual-bilateral, asas keutamaan, asas perdamaian, asas penggantian ahli waris, asas personalitas keislaman, asas kewarisan semata akibat kematian dan asas mayorat laki-laki.

anda ingin membaca dan mempunyai buku ini, selakan hubungi toko-toko buku terdekat anda. atau anda bisa menghubungi alamat berikut ini:

1.Lkis, Jl. Parangtrits,Km. 4,4 Salakan Baru, Sewon, Bantul, Yogyakarta, telp: 0274-387194, 7472110

2.Lkis, Jl. Tanah Baru Rt. 03/02 No. 68, kampung Poncol, Depok, telp: 021-77204269

3.Lkis, Jl. Gajayana Gg. V/602 Diyono, malang jawa timur, telp: 0341-577051

4. toko buku Gramedia dan toko buku lainnya, terdekat anda.

1 komentar:

kuss indarto mengatakan...

aku dah absen,. bung...